Focus Group Discussion Menuju Lokasabha PHDI NTB 2019

Posted by

Lokasabha Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat akan segera digelar sehubungan akan berakhirnya masa bhakti Pengurus 2014-2019. ICHI NTB sebagai salah satu organisasi keumatan di NTB berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam lokasabha mendatang.

Salah satu upaya untuk mendukung keberhasilan lokasabha tersebut, telah dilakukan berbagai diskusi formal maupun informal baik secara langsung maupun tidak langsung termasuk melalui grup media sosial yang secara inten.

Finalisasi dari semua proses tersebut dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) pada Hari Minggu, 6 Oktober 2019 bertempat di Hotel Bidari Cakranegara. Tema yang diusung kali ini adalah Merajut Pemikiran dan Melangkah Bersama Menuju Lokasabha PHDI NTB 2019  .Hadir pada kesempatan tersebut Pengurus ICHI NTB, Ketua PHDI NTB , Ketua Staring Comitee Lokasabha PHDI NTB 2019  serta beberapa cendikiawan Hindu.

Menurut DR. IGL Media, tujuan FGD ini adalah sebagai upaya akhir dalam finalisasi berbagai diskusi dan masuk sebelumnya sehingga nantinya rumusan dari diskusi akan menjadi masukan ICHI pada Lokasabha mendatang.

Pada kesempatan tersebut  Ketua PHDI NTB, Bapak Gede Mandra berkesempatan memaparkan kondisi riil umat serta beberapa kegiatan pengurus berkaitan dengan beberapa persoalan pokok yang menjadi fokus diskusi.

Sumbangan pemikiran yang banyak didiskusikan adalah terkait dengan upaya penggalian dana untuk kegiatan operasional PHDI NTB serta pembinaan umat yang berfokus pada kualitas sumber daya manusia Hindu (Jana Kertih)

Pada akhir diskusi diambil kesimpulan :
  1. Perlu dibentuk Badan Dharma Dana Daerah (BDDD) berbentuk yayasan yang bertugas untuk menghimpun dana dari umat serta mengembangkan dan memanfaatkannya untuk kepentingan pembinaan umat antara lain operasional PHDI serta kegiatan-kegiatan keumatan lainnya
  2. Perlunya update data umat yang valid melalui kerjasama dengan Bimas Hindu Depag Prov. NTB serta STAHN Gde Pudja Mataram.
  3. Sudah saatnya PHDI memiliki rumusan program pembinaan  umat yang berfokus pada peningkatan kualitas  sumber daya  manusia (SDM)  Hindu (Jana Kertih)
  4. Membangun sinergitas  antar lembaga/ormas  dan komponen umat Hindu  yang ada di legislatif maupun di birokrasi
  5. Terciptanya sekretariat  administrasi PHDI NTB yang tertib, rapi dan akuntabel






Blog, Updated at: October 06, 2019

1 comments:


Klik Untuk Melihat Halaman