Apa yang membuat umat kuat memeluk Hindu?

Posted by




      Secara teoritik,  seseorang akan kuat agamanya  apabila dia faham  dengan ajaran agama yang dianutnya. 
       Tetapi, kalau teori itu sepenuhnya benar,   mungkin  pemeluk Hindu akan habis.  Karena terlalu banyak umat Hindu yang tidak faham tattwa agama (Hindu).
        Kenyataannya,  banyak krama Hindu  yang tidak faham ajaran Hindu, tetapi  sradha Hinduisme  mereka kuat. Sanak  keturunan mereka utuh Hindu.  Mereka sangat bangga beragama Hindu, walaupun mereka tidak tahu apa yang membanggakan di Hindu.
Lantas apa yang membuat
mereka kuat menganut Hindu? Jawaban sederhananya:  
  FANATISME  PRIMORDIALIS.
Karena mereka merasakan bahwa Hindu adalah agama leluhur yang paling luhur.
‘’Saya harus tetap patuh pada    keyakinan akar leluhur  saya  yakni    Hindu.   Meninggalkan Hindu     (nastika)  berarti berkhianat  kepada leluhur, ‘’ kira-kira seperti itu prinsip mereka.  
Artinya, bahwa  fanatisme
primordialis itu penting bagi umat Hindu, karena di situ ada kekuatan yang dahsyat.  Namun di sisi lain,  krama Hindu   jelas memerlukan asupan tattwa agama untuk meningkatkan kwalitas nalar dan spiritual mereka. 

     Fanatik + tattwa = Hindu sejati.  
           
    Ada yang tabu memakai kata ‘’fanatik’’,  kemudian menggantinya dengan kata ‘’militan’’.  Bagi saya, istilah mana pun  yang mau dipakai,  tidak masalah.   Yang penting  makna substansinya  sama yakni memiliki keyakinan yang KUAT pada Hinduisme.  Salam dharma.

#  Imang  Sugiartha
# Disampaikan dalam diskusi publik      ICHI NTB,   01/09/2019, STAH Mataram.
#  Baca Web ICHI NTB: www.ichintb.or.id


Blog, Updated at: September 09, 2019

0 comments:

Post a Comment


Klik Untuk Melihat Halaman